ARTI SEBUAH KEMENANGAN

>> Sabtu, 21 Februari 2009

Kemenangan seringkali diartikan dengan keunggulan, keberhasilan, dan juga kesuksesan atas lawan. Seorang pembalap dikatakan menang apabila menjadi yang terdepan. Seorang petinju menang apabila dapat meng-K.O. lawannya. Perenang menang bila menajadi yang tercepat. Dan banyak lagi kemenangan-kemenangan yang selalu dikaitkan dengan keunggulan atas lawan.
Namun apakah seperti itu islam memaknai sebuah kemenangan. Setidaknya ada 3 makna kemenangan dalam islam:

1. Tetap dengan komitmennya
2. Allah akan menimpakan siksa batin kepada musuh-musuh islam
3. Apabila mendapatkan kesyahidan
Apakah da’wah nabi Nuh alaihi salam dianggap tidak berhasil karena hanya mendapatkan pengikut belasan orang. Padahal beliau berdakwah selama 950 tahun. Apakah dakwah Rasulullah  di Makkah tidak berhasil karena mendapatkan pengikut puluhan orang. Apakah perang Uhud dikatakan kalah karena banyak kaum muslimin yang memperoleh kesyahidan?
Apabila standart kemenangan hanyalah pada materi maka sangat sedikit sekali orang yang berhasil. Banyak dari mereka yang harus menerima “kegagalan” ketika ajal menjeput, namun kemenangan tak kunjung datang. Oleh karenanya kemenangan tak harus bermakna unggul. Karena hakekat kemenangan adalah:
1. tetap berpegang teguh dengan komitmennya
mereka yang ajal menjelang namun tetap teguh dengan prinsip dan komitmennya tetaplah disebut menang. Karena ujian dan cobaan ketika dia hidup tak mampu merobohkan prinsip yang dia pegang. Bahkan komitmen dan prinsip tersebut diwariskan kepada generasi selanjutnya. Estafet perjuangan tidaklah berhenti hanya karena kehilangan salah seorang pejuangnya. Bahkan akan tumbuh sepuluh, seratus, bahkan seribu pejuangan yang memiliki komitmen dan prinsip seperti dirinya.

0 komentar:

Arrahmah.Com - Technology

Arrahmah.Com - International

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP