Meninggalkan Hal-Hal Tak Bermanfaat

>> Senin, 29 Desember 2008

“Dari tanda kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.”

Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Abu Hurairoh dengan derajat hasan.

Penjelasan Kalimat
“Min husni islami al-mar’I” yaitu dari kesempurnaan islamnya seseorang, tanda benarnya islam seseorang baik laki-laki maupun wanita.

“Ma Laa Ya’nihi” yaitu hal-hal yang tidak penting baginya baik perkara dien ataupun dunia. Dari ucapan ataupun perbuatan.

Dari sini bisa disimpulkan bahwasannya kesempurnaan islam seseorang itu bisa diukur dari sikapnya terhadap hal-hal yang tidak bermanfaat baginya, baik yang berkaitan dengan dunianya maupun diennya.

Anjuran yang terdapat pada hadits ini.
1.mewujudkan masyarakat yang utama.
2.menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak bermanfaat memberatkan diri dan merupakan tanda lemahnya iman.
“cukuplah seseorang itu dianggap jelek jika bodoh terhadap dirinya dan membebani diri dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.” (HR. ibnu hibban dari abu dzar).
3.berpaling dari hal-hal yang tidak bermanfaat adalah jalan selamat menuju kesuksesan.
“jika islam salah seorang dari kalian sempurna, maka seluruh amala kebaikannya akan ditulis baginya sepuluh kebaikan kemudian akan dilipat gandakan menjadi 700 kali lipat. Dan setiap kejelekannya akan ditulis semisalnya.” (HR. al-bukhari dari abu hurairoh).
4.hati yang sibuk dengan Allah dan berpaling dari hal-hal yang tidak bermanfaat termasuk dari kebutuhan makhluk.
“hasan al-bashri berkata :”dari tanda-tanda berpalingnya Allah dari hambNya adalah menjadikan kesibukannya dalam hal-hal yang tidak bermanfaat.”
5.hal-hal yang bermanfaat bagi seseorang adalah hal-hal yang berkaitan dengan dhoruriyatul nafsih baik yang berkaitan dengan dunianya—seperti makan, minum, tempat tinggal dan yang lain yang sifatnya mendesak—ataupun yang berkaitan dengan kehidupannya di akhirat.


Diringkas dari kitab “Al-Waafi Fi Syarhi Al-Arba’in An-Nawawi” karangan Dr. Mustofa Bugho dan Muhyiddin Mistau, Maktabah Darut-Turats, Madinah Al-Munawwaroh, cetakan ke 8 tahun 1992 M.

0 komentar:

Arrahmah.Com - Technology

Arrahmah.Com - International

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP